Halaman

Sabtu, 18 Oktober 2008

17 tahun usia Linux

Sistem Operasi untuk komputer ada bermacam-macam. Khusus di Indonesia, kebanyakan pemilik dan pengguna komputer biasanya menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft.
Kalau ditanya alasannya, mengapa memilih Windows ? Jawabannya pun kemungkinan sama, yaitu sistem operasi Windows lebih user friendly (eh user friendly itu masih sodara nggak ya sama Glenn Fredly ? Hi..hi.. hi..), alias lebih mudah digunakan.

Sebetulnya ada OS alternatif lain, yaitu Linux. Sistem operasi ini bersifat Open Source alias gratis. Namun di Indonesia sendiri persentasi pengguna Linux masih kecil dibandingkan para pengguna Windows (walaupun setiap tahunnya jumlah pengguna Linux mengalami peningkatan).

Tahukah anda siapa pencipta Linux ?

Yap betul. Penciptanya adalah Linus Torvalds. Linux diciptakan pertama kali pada tanggal 17 September 1991. Linus Torvalds membuat Linux untuk pertama kalinya dan diberi nama Linux 0.0.1. Sistem operasi ini pada awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds hanya sebagai hobby, dan merupakan sistem yang dikembangkandari Minix.

Pada awalnya, Linus ingin memberikan nama untuk sistem operasinya itu dengan nama Freax, yang merupakan singkatan dari Freak, Free dan X. Supaya bisa dikembangkan, filenya itu di upload di ftp.funet.fi milik Universitas Helsinki. Seorang rekan teman Linus yang bernama Ari lemmke, orang yang bertangggung jawab atas server ftp itu merasa bahwa Freak bukanlah nama yang tepat. Lalu tanpa memberitahu Linus, si Ari (halah sok akrab  ) mengubah nama Freak tersebut menjadi Linux. Pada awalnya Linus berdebat dengan Ari, setelah berdiskusi beberapa lama, akhirnya Linus menyetujui pemberian nama Linux.

0 komentar:

Posting Komentar