Halaman

Kamis, 08 Mei 2008

Xandros Ekspansi

Distro sistem operasi open source Linux "Xandros" mulai melirik aplikasi sistem operasi Linux untuk perlengkapan mobile internet. Bekerjasama dengan pembuat perangkat lunak `Viyya Technologies`, Xandros akan membuat sistem operasi ini berjalan diperlengkapan portable. Dalam beberapa bulan terakhir Xandros sudah menikmati kesuksesan seiring dengan laris manisnya laptop Eee PC.
Xandros, selama ini dikenal sebagai distro Linux yang mampu menyajikan tampilan layakanya sistem operasi Microsoft Windows dan kembali populer sejak dua bulan terakhir setelah Asus meluncurkan laptop `Eee PC`.
Kerjasama dengan `Viyya Technologies` membuat keduanya kini menargetkan untuk mengembangkan perlengkapan portable seperti `laptops` dan `mobile internet devices`.
Apa yang dilakukan oleh Xandros dengan Viyya itu membuktuikan bahwa sistem operasi Linux kini semakin berkembang luas dan populer termasuk untuk portable devices.
Diluar Eee PC, mobile Linux juga mulai mendpatkan perhatian seetlah vebdor telepon seluler asal Finlandia Nokia membelui Trolltech dan mulai meluncurkan `LiMo Foundation` sebuah sistem berplatform `mobile Linux`.
Xandros dan Viyya mengatakan mereka akan memasuki pasar secara terintegrasi dimana perangkat lunak berbasis Linux akan didesains layakanya micro-laptops seperti yang telah diluncurkan oleh Eee PC.
Untuk mobile internet devices, keduanya akan mengembangkan aplikasi layaknya Mobile internet device (MID) dari Intel.Viyya sendiri saat ini sudah sangat berpengalaman dalam `MIDs` dimana Viyya sangat piawai dalam pengembangakn perangkat lunak untuk internet, intranets, email termasuk laptops dan mobile devices.
Pekan silam Xandros baru saja meluncurkan tool manajemen yang disebut dengan `BridgeWays` dan aplikasi yang didesain untuk `Microsoft System Center` (MSC).MSC bisa digunakan untuk menghandle environments yang berjalan disistem operasi linux dan Windows.CEO XAndros Andreas Typaldos mengatakan bahwa sebenarnya sbelum kesepakatan dibuat Xandros dan Viyya sudah lama melakukan kerjasama produk.

0 komentar:

Posting Komentar