Halaman

Kamis, 08 Mei 2008

Mozilla: Waspadai Plugins Firefox

Pengembang browser open source Firefox, Mozilla mengingatkan para pengguna Firefox untuk mewaspadi adanya malicious code saat mendownload sebuah aplikasi plugin. Chief security Mozilla Windows Snyder mengingatkan bahwa plugin berbahasa Vietnma di Firefox 2 yang telah didownload ribuan kali dalam tiga bulan terakhir telah diketahui mengandung Xorer Trojan.
Mozilla mengingatkan bahwa plugins berbahasa Vietnam itu sangat berbahaya lantaran telah dimasukanya malicious program `adware code` kedalam plugin ini.Karena itulah Mozilla beranggapan mereka perlu menyampaikan adanya ancaman ini lantaran plugins Vietnamese language di Firefox 2 sangat banyak didownload user.
'Semua user yang telah mendownload Vietnamese language sejak 18 pebruari 2008 silam telah dijangkiti,' jelas Snyder.Menurut Snyder, sebenarnya pihaknya telah berusaha untuk melakukan scanning sejak plugins ini diluncurkan namun gagal menemukan sebelum akhirnya semuanya terindikasi pada awal mei ini.
'Mozilla telah melakukan virus scans berulang kali namun baru menemukanya pada bulan ini,' ungkap Snyder.Kejadian ini telah membuat Mozilla melakukan langkah additional scans atas semua perangkat lunak yang masuk untuk menjaga kejadian ini tidak terulang dimasa mendatang.
Menurut Mozilla mereka mendapatkan indikasi malware `Xorer Trojan` dalam malicious code ini.Sang developer Hai-Nam-Nyune mengatakan bawha kejadian ini mungkin terjadi karena LAN pengembang lokal telah terjangkiti malware sebelum plugin diluncurkan.'Malicious hanya bisa menampilkan banner namun tidak bisa melakukan propaganda,' jelas Hai-Nam Nguyen.
Sejauh ini Mozilla tidak memiliki kepastian berapa besar user yang telah terjangkiti karena catatan menunjukan plugin ini sudah 1200 sampai 16.667 kali didownload.Snyder menyarankan agar user untuk sementara mendisable plugin ini.
Sumber : www.jaknews.com

0 komentar:

Posting Komentar