Halaman

Senin, 02 Mei 2011

Konversi File MS Office

Waah..sudah lama saya tidak memposting artikel tentang tips dan trik. Kali ini saya mendapatkan ilham setelah salah seorang atasan saya kesulitan untuk membuka file MS Office 2007 di komputernya.

Adapun trik yang ingin saya bahas adalah meng-konversi file MS Office 2007 menjadi file office yang ada di komputer kita, maksud saya, tidak melulu hanya Office buatan Microsoft, tapi juga untuk aplikasi gratisan seperti Open Office.

Sebenarnya ada 2 cara untuk melakukan konversi file :

1. Mendownload software, lalu di install di komputer kita. Cara ini cukup dilakukan sekali, untuk selanjutnya kita tinggal membuka file yang akan di konversi, dan dengan cara ini bisa dilakukan berkali-kali tanpa harus terhubung ke internet.Solusi ini bisa digunakan bagi pengguna yang tidak memiliki koneksi internet.

2. Membuka situs penyedia jasa konversi file. Sebenarnya ada banyak situs yang menawarkan jasa ini, tapi kali ini saya akan menuliskannya 1 terlebih dahulu. Situs yang dimaksud adalah : http://www.zamzar.com/

Pada postingan ini, akan saya bahas cara melakukan konversi file, sebagai contoh adalah file yang berekstension xlsx (file MS Office 2007 ke atas) menjadi file xls (untuk versi MS Office di bawahnya).

Caranya :

1. Buka http://www.zamzar.com/
2. Masukkan nama file yang akan di konversi seperti pada gambar di bawah ini :


3. Pilih format file yang diinginkan.
4. Masukkan alamat email anda, tujuannya adalah mengirimkan link yang akan dikirimkan ke email anda, dan nanti anda bisa membukanya pada link yang dikirimkan lewat email.

5. Tekan tombol "Convert".

6. Selesai


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar