Halaman

Kamis, 19 Februari 2009

HOTSPOT

Hmmmmm… sudah lama saya tidak memposting kamus TI ya ? Baiklah, kali ini saya akan menyajikan kategori tersebut.


Istilah yang akan saya coba bahas adalah mengenai Hotspot. Mungkin sebagian diantara pembaca blog ini yang sering mendengar kata hotspot ini. Istilah sederhananya ialah “bisa berinternet gratis di tempat-tempat tertentu”.

Memang bisa dikatakan seperti itu. Untuk lebih jelasnya, saya akan mencoba mendefinisikan istilah hotspot ini (bagi para pakar IT, jangan ditertawakan ya, kalau pendefinisiannya kurang tepat :) )

Hotspot adalah jaringan tanpa kabel (wireless) LAN yang ditempatkan di lokasi-lokasi umum, misalnya di Mall, rumah sakit, perpustakaan, atau bahkan bandara.

Teknologi wireless ini pertama kali dikemukakan oleh Brett Steard pada tahun 1993. Idenya memang brilian, karena dengan jasanya ini, sekarang banyak orang bisa menikmati internet dimanapun (tentunya jika tersedia jaringan hotspot), tidak terbatas di ruang tertentu,seperti warnet, rumah, atau kantor.

Adapun orang-orang yang sangat diuntungkan dalam hal ini adalah mereka yang memiliki laptop. Satu lagi keunggulan teknologi ini, yaitu GRATIS. Saya rasa semua orang suka yang gratis-gratis bukan ?

Umumnya, teknologi hotspot ini menggunakan standar WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi ini dapat memberikan kecepatan akses yang tinggi, hingga mencapai 11 Mbps dan 54 Mbps dalam kisaran jarak sampai 100 meter !!!

Tambahan : Kini setau saya, pemanfaatan teknologi hotspot tidak hanya dapat dinikmati oleh orang-orang yang memiliki notebook saja, bahkan sekarang pemilik HP (Handphone) pun dapat menikmatinya. Syaratnya, HP ini harus memiliki fitur WIFI.

0 komentar:

Posting Komentar